Rumah Sakit Siap Laksanakan BPJS Kesehatan

Friday, 8 November 2013 / Daerah

 

KEBUMEN - Pelayanan kesehatan bagi peserta Askes jamkesmas, Jamsostek, TNI dan Polri mulai 1 Januari 2014 akan dilayani oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Pelayanan yang diberikan termasuk diantaranya pelayanan kesehatan tingkat lanjut di rumah sakit yang meliputi rawat jalan dan rawat inap.

Dalam rangka menyukseskan program Jaminan Kesehatan (JKS) dan mulai berlakunya BPJS Kesehatan, rumah sakit swasta di Kebumen menggelar pertemuan di Rumah Makan Yunani, Sruweng, kemarin. Pertemuan dihadiri oleh perwakilan dari RSU Purbowangi, RSU Permata Medika, RSU Purwogondo, RS PKU Muhammadiyah Petanahan, RSU PKU Gombong, RS PKU Sruweng, dan RS PKU Kutowinangun.

Dalam pertemuan itu, rumah sakit yang telah ditunjuk untuk melayani BPJS Kesehatan menyatakan telah siap memberikan pelayanan baik untuk rawat jalan maupun rawat inap.

Selain itu semua rumah sakit hadir menyatakan sepakat akan perlunya peningkatan kerjasama antar rumah sakit yang ada di Kebumen.

Guna menjalin komunikasi dan meningkatkan kerjasama antar rumah sakit, pada kesempatan itu dibentuk Forum Komunikasi Rumah Sakit (FKRS) Kebumen. Pengurus FKRS Kebumen diketuai oleh dr H Fatah Widodo SpM MKes, Wakil Ketua drg H Budi Irianto, Sekretaris Hj Nur Hidayati AMd Keb, Bendahara H Cipto Waluyo SKep Ns. Selain pengurus harian juga dilengkapi dengan dua seksi yaitu pendidikan dan pengembangan serta sosial dan penanggulangan bencana.

Pertemuan Bencana

Ketua FKRS Kebumen dokter H Fatah Widodo SpM M Kes menjelaskan, untuk mempererat silaturahmi dan membahas permasalahan yang dihadapi rumah sakit, pihaknya akan menyelenggarakan pertemuan rutin setiap bulan secara bergiliran.

Pada Desember mendatang, pertemuan akan diselenggarakan di RS PKU Muhammadiyah Sruweng dan akan mengundang PT Askes sebagai narasumber dalam diskusi mengenai pelaksanaan BPJS Kesehatan.

"Kegiatan ini dimaksudkan agar rumah sakit yang akan melayani BPJS Kesehatan di Kebumen betul-betul telah siap saat program tersebut dimulai," imbuh Direktur RSU Purbowangi tersebut di sela-sela acara.

Dalam kesempatan itu juga akan dilakukan paparan mengenai pelayanan rujukan di RSU PKU Muhammadiyah Gombong yang saat ini sedang mempersiapkan diri untuk menjadi rumah sakit tipe B. Doktoer Fatah juga mengatakan bahwa FKRS Kebumen akan mendorong anggotanya untuk memenuhi semua peraturan mengenai penyelenggaraan rumah sakit. Tak lupa untuk tetap mengutamakan pelayanan kepada masyarakat.

"Kami menyambut baik atas berdirinya FKRS Kebumen dan akan membantu apabila ada aspirasi yang disampaikan kepada pihak-pihak terkait termasuk kepada Dinas Kesehatan maupun Bupati Kebumen," ujar Ketua Komisi B DPRD Kebumen H Cipto Waluyo SKep Ns. (J19-91)

sumber : suaramerdeka